fbpx 5 Alasan Onboarding Kit Wajib jadi Strategi Branding Perusahaan | Du Anyam

5 Alasan Onboarding Kit Wajib jadi Strategi Branding Perusahaan

Posted by April 29, 2022
Thumbnail

Jika perusahaan ibarat rumah kedua, kedatangan karyawan baru tentu jadi momen penting. Itulah sebabnya, perusahaan masa kini memiliki program onboarding yang dirancang semenarik mungkin. Masa-masa onboarding karyawan baru ini bisa berlangsung beberapa minggu hingga beberapa bulan. Karyawan baru akan menjalani transisi dan adaptasi hingga sukses terintegrasi ke perusahaan. 

Mengapa Proses Onboarding Penting?

Menurut survey, 1 dari 10 karyawan baru memilih untuk keluar dari perusahaan (alias tidak betah) karena buruknya pengalaman onboarding. Sementara itu, 37% karyawan juga mengatakan bahwa manajemen sering lalai dalam memberikan dukungan di masa awal ini. 

Padahal, riset lain menunjukkan bahwa 87% karyawan yang merasa betah akan berpikir 2 kali sebelum memutuskan untuk berhenti. Ini artinya tingkat retensi karyawan perusahaan mencapai 5x lebih baik daripada perusahaan yang tidak berupaya memberikan pengalaman serupa. 

Proses onboarding yang baik erat kaitannya dengan tingginya rasa kepemilikan, kesetiaan, dan kebanggaan menjadi bagian dari perusahaan. Alhasil, kinerja dan produktivitas juga meningkat. yang bisa berpengaruh pada loss akibat kekosongan jabatan atau hilangnya sumber daya manusia dan talenta. 

5 Alasan Onboarding Kit Wajib Jadi Strategi Branding Perusahaan

Lebih dari sekedar hadiah biasa, onboarding kit atau disebut juga welcome kit punya makna lebih dalam menyambut karyawan baru. Onboarding kit bisa dijadikan sebagai cara mempersiapkan karyawan sambil memberi rasa respek dan apresiasi. Lebih lengkapnya, ini dia 5 alasan mengapa onboarding kit wajib jadi salah satu strategi branding perusahaan Anda:

1. Kejutan yang bisa dipakai secara permanen

Pemberian onboarding kit saat menyambut karyawan baru boleh dikatakan masih belum menjadi standar industri di dunia kerja. Otomatis, ini akan jadi kejutan menyenangkan sekaligus ucapan selamat datang secara elegan dan profesional. 

Seperti dijelaskan sebelumnya, onboarding kit juga bukanlah sekedar gift box biasa. Pastikan saja isinya sudah diseleksi sedemikian rupa supaya kejutan spesial ini bukan saja menyenangkan di awal, tapi juga fungsional secara permanen. Sebut saja agenda, ID Tag, tas laptop, dan suvenir kantor lainnya yang bisa dipakai berulang kali. Semua onboarding kit items ini akan selalu menyimpan memori positif.

2. Membantu set-up kebutuhan kerja karyawan

Tidak peduli betapa bagusnya meja atau ruangan kerja seorang karyawan baru, faktanya tetap dibutuhkan waktu untuk set-up hingga terasa familiar. Onboarding kit bisa jadi salah satu benda pertama yang diperkenalkan ke ruangan kerja, mulai dari box yang bisa digunakan kembali sebagai storage kecil-kecilan, agenda untuk langsung dibawa ke ruang meeting, hingga ID Tag untuk jadi tempat kartu akses karyawan sejak hari pertama. 

3. Strategi sosmed untuk proses rekrutmen

Sebagian besar postingan seputar onboarding kit atau welcome kit yang dibagikan seorang karyawan baru dipenuhi dengan rasa bangga, haru, dan berbagai sentimen positif. Terutama untuk generasi milenial dan gen Z yang kesehariannya erat dengan sharing ke dunia maya,  onboarding kita memberikan exposure ke sosial media yang terasa organik dan penuh kesan. 

4. Beri sentuhan personalisasi yang unik

Jika kedatangan hanya 1-2 karyawan baru, maka mungkin masa pengenalan bisa dilakukan secara pribadi dari atasan atau manager HRD. Namun, bagaimana jika proses rekrutmen berjalan secara massal? Di sinilah peran onboarding kit dalam memberikan sentuhan personal yang tetap terasa hangat bagi setiap individu baru. 

5. Sarana menampilkan corporate values

Corporate values tercermin dari semua proses hulu dan hilir yang berlangsung di dalam sebuah perusahaan yang menjadikan setiap perusahaan unik, berkesan, dan bahkan terkenal. Tentu ini pun bisa menjadi salah satu bagian penting untuk menampilkan corporate values yang dipegang oleh perusahaan Anda.

Inilah mengapa perusahaanmu harus memiliki nilai tambah. Bersama Du Anyam, onboarding kit kamu tidak hanya berisi suvenir biasa, tetapi kamu turut berkontribusi dalam mendukung pemberdayaan perempuan, promosi budaya, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat pedesaan Indonesia. Suvenir yang kamu berikan tidak hanya memiliki desain khas Indonesia yang unik, tetapi juga mengandung cerita tentang bagaimana perusahaanmu juga peduli pada isu sosial.

Anda seorang manager HRD atau pimpinan perusahaan? Jangan lewatkan kesempatan branding lewat onboarding kit yang kian marak dilakukan di masa kini. Jadikan hari pertama karyawan penuh kesan dengan onboarding kit yang dipersonalisasi untuk perusahaanmu. Rencanakan onboarding kit perusahaanmu bersama Du Anyam.